Festival Budaya Lembah Baliem



Festival Budaya Lembah Baliem 2017

Festival budaya lembah baliem merupakan festival yang menjadi daya Tarik tersendiri di papua. Festival ini diadakan secara terun temurun di Wamena, festival budaya lembah baliem ini merupakan festival tertua di Indonesia dan salah satu festival di Indonesia yang telah mendunia.

Festival lembah baliem awalnya diadakan pada tahun 1989. Festival ini dimulai dengan skenario awal terjadinya peperangan seperti penculikan, pembunuhan, Dll. Sehingga menyebabkan suku tersebut membalas dendam dengan cara peperangan. Tapi di festival ini mereka hanya melakukan atraksi dan tidak berperang sungguhan.

Suku-suku di papua sendiri telah mengalami  modernisasi tetapi masih berpegang teguh pada adat dan tradisi mereka. Mereka memakai pakaian adat. Bagi laki-laki mereka memakai penutup kemaluan yang disebut koteka yang terbuat dari labu air yang dikeluarkan isi dan bijinya dan dikeringkan hingga keras. Dan bagi perempuan mereka memakai Sali sebagai rok yang terbuat dari rumput kering.
Festival budaya Lembah baliem 2017

Festival Budaya Lembah Baliem 2017

Senjata tradisional yang digunakan biasanya yaitu busur, panah, dan tombak. Biasa digunakan untuk berburu hewan di hutan. Dan juga digunakan sebagai senjata untuk berperang.
memegang panah

Festival ini diadakan tiga hari. Dalam kesempatan kali ini saya dapat menghadiri festival budaya lembah baliem 2017 yang diadakan pada tanggal 8- 11 agustus, Di Distrik Walesi. Dalam festival ini, beragam sajian dari masyarakat yang disuguhkan yaitu tari tradisional, tari perang , memainkan alat musik pikon, karapan babi, bakar batu, pameran kerajinan tradisional, melempar sage (tombak tradisional), dan juga dilakukan lomba fotografi.

Di tempat ini juga banyak yang menjual cendramata. Yang bisa kalian beli untuk oleh-oleh dari Wamena.
cinderamata wamena

Bagi kalian yang ingin mengunjungi wamena. Disarankan untuk datang sekitaran bulan agustus. Karena acara ini hanya diadakan setahun sekali dan di bulan agustus. Dan juga biasa diadakan karnaval di kota wamena.
Masyarakat Wamena

Masyarakat Wamena

pemandangan di Walesi




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer